Cara Menyimpan dan Membuat Link File dari Google Drive

Cara Menyimpan dan Membuat Link File dari Google Drive  - Bagaimana caranya agar mempunyai folder penyimpanan berbagai file tanpa batas walaupun di perangkat seluler? Tentu bisa, caranya dengan menggunakan Google Drive!

Apa itu Google Drive? Google Drive merupakan layanan penyimpanan folder cloud online gratis dari Google layaknya Dropbox, mampu menyimpan pesan Email dari Gmail dan berbagai dokumen data file seperti Teks pada Microsoft Excel-Word, Powerpoint, berkas PDF, DOC, MPEG4, JavaScript dan CSS juga banyak file Document penting lainnya bisa dimasukkan ke Google Drive.


Drive Adalah layanan Gratis housting online sebagai Opsi cetak ke aplikasi seluler, windows atau pun Android tanpa batas house space jenis format file sangat membantu menyimpan tugas kuliah pelajaran sekolah dll.

Sangat cocok untuk tugas para Pelajar/Mahasiswa atau pun Guru untuk menyimpan dan berbagi file langsung mengakses dengan link-tautan ke kolaborasi dokumen file dari Google Drive, My Drive.

Cara unggah dan download kembali lebih mudah menggunakan Google Drive, saya termasuk pengguna yang merasa puas dan terbantu dengan housing space Drive.

Memiliki keuntungan lebih besar sehingga kita dapat menghemat space tanpa menggunakan Gmail, Google Foto atau memori internal dan eksternal yang sering cepat penuh.

Memiliki Google Drive kita bebas menyimpan, membuka sampai menghapus file data drive, selain itu penggunaan Google Drive dapat dilakukan secara offline dengan Chromebook, kemudian fitur penting bagi lintas negara file pada Google Drive mudah menerjemahkan bahasa juga sebagai Converter mengedit ulang.

Nah, pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana mempelajari caranya menggunakan foto dan file ke penyimpanan dan sekaligus membuka file sampai bisa di download di dalam jendela browser situs website/blog, langkah ini dapat dilakukan pada komputer, iPhone, Android dan peralatan lainnya.

Cara Menyimpan dan Membuat Link File dari Google Drive


#1. Anda harus memiliki Google Drive Smartphone atau Komputer/Laptop

Jika belum memilikinya?
  • Silahkan download Gratis Drive Aplikasi (Smartphone), jika di perangkat komputer Anda melalui alamat berikut https://drive.google.com/drive/my-drive
  • Setelah di install, silahkan buka Google Drive dengan Gmail diperangkat anda.
  • Menyimpan file di Google Drive.
  • Siapkan file yang akan di simpan pada hosting berupa foto/gambar, dokumen data PDF, MP4, dan lainnya.
  • Untuk menyimpan, silahkan Klik "Buat Folder Baru"
  • Silahkan masukkan file penting seperti PDF, Dokumen teks, Spreadseet, Persentasi, Foto & Gambar, Video dan lainnya untuk disimpan dan atur kategori file supaya mudah di cari sampai selesai.
  • Jika akan di edit silahkan gunakan tanda Pensil 


#2. Membuat Link untuk dilihat secara Publik

Agar file dapat di lihat oleh teman atau dibagikan sebagai pemilik anda bisa melakukan bagikan melalui sosial media atau pun dibuat dalam bentuk Link/URL website/blog ke Drive.
  • Buka Google Drive pada Aplikasi atau langsung di http://drive.google.com/drive/settings
  • Cari file pada kategori Folder.
  • Kalau sudah ditemukan Klik satu file.
  • Setelah terbuka Tap/klik menu Pilih.
  • Nanti akan terbuka jendela, Geser tombol "Bagikan Link"
  • Kemudian "Salin Link" secara otomatis URL akan tersimpan sementara pada Klipboad/RAM perangkat. (kurang lebih menu seperti ini jika di Android)
Langkah Mengambil Link/URL File Google Drive

#3. Cara membuat Link Download di Blog ke File Google Drive

  • Buka Blog yang mau dibuat link) unduh file.
  • Buat Postingan/Artikel baru atau editing.
  • Silahkan buat Link seperti biasa anda membuat tautan ke situs web, atau jika file anda untuk di download gunakan saja tulisan atau Tombol download dengan target link adalah URL file Drive, jika benar nantinya pengunjung akan diarahkan ke satu file di dalam Google Drive.
  • Terakhir coba cek link tersebut apakah berhasil atau tidak? Kalau work berarti sudah selesai.

Catatan:
Karena Google Drive merupakan penyimpanan data yang bisa saja broken atau hilang jejak sebaiknya anda menggunakan Link dengan Rel Nofollow, bertujuan agar tidak membingungkan google-bot mengenai situs yang di ikuti.
Caranya: Pada tab Link beri tanda centang pada atribut rel nofollow, beres.

Sampai disini sudah selesai untuk membuat link ke file Drive berupa alamat atau link/URL. Keunggulan fitur lainnya anda bisa coba mengirim file dengan bentuk utuh secara langsung.

#4. Cara Mengirim File langsung dari Google Drive


Langkah ini bisa anda gunakan untuk mengirim pada teman atau saudara kita yang membutuhkan file data foto MP4 dan lainnya, media-media seperti email, semua sosial media semua dapat menerima pesanan file dengan lebih aman jika anda memerlukan caranya silahkan berikut langkahnya:
1. Cari satu file untuk di salin.
2. Jika sudah ketemu "Klik" file tersebut.
3. Setelah kebuka menu anda "Pilih "Kirim Salinan"

4. Selanjutnya tinggal ada pilihan tujuan membagikan ke beberapa aplikasi yang tersedia pada perangkat anda seperti sosial media Facebook, Google Plus, Twitter, Instragram dll, juga Aplikasi editor foto/video Pixelab, Photo Editor, Kine Master, pesan Email dan banyak lagi.

Catatan!

Tutorial ini menggunakan Smrphone Android dengan bahasa Indonesia, jika ada perbedaan bahasa Inggris dan menu lainnya jika anda menggunakan laptop saya rasa perbedaannya tidak terlalu signifikan jadi anda akan tetap lancar mengikuti tutorial mulai cara menyimpan, mengatur sampai membuat link download dari situs blog ke google drive.

Jika Anda sudah memiliki kemampuan untuk melakukan modifikasi tampilan pada template Google Drive anda bisa dibuat warna dan gaya menu navigasi yang mudah digunakan lagi.

Kesimpulannya


Setelah kita mengetahui bagaimana dasar kemampuan dan cara menyimpan berbagi data file secara online dan gratis, apalagi alasan anda jika belum memanfaatkan memori gratis dari Google ini. (Sebenarnya Google Drive ada yang versi berbayar dengan menyediakan housing space lebih besar)

Gunakan Google Drive untuk hal bermanfaat dan penting seperti menyimpan data pelajaran, kode JavaScript dan CSS ataupun semacamnya jika anda seorang yang Mobile dan modern.

Trik ini juga sebagai cadangan menyimpan file penting blogger supaya lebih aman dan gampang saat membuka kembali.

Google Drive juga dikenal sebagai aplikasi wajib para blogger untuk itu


Demikianlah ulasan mengenai cara menyisipkan dan membuat link download file dari Google Drive semoga membantu.


Previous
Next Post »

No comments: