Cara Membuat Kiriman Pesan Suara (Voice Note) di WhatsApp

Pernahkah Anda malas mengetik jika terlalu lama Chatingan di WhatsApp (WA), Jika iya bagaimana solusinya agar tidak pegal saat mengetik pesan?

Tenang saja, anda bisa menggunakan  fitur pesan suara (Voice note) yang sudah di sediakan pada WhatsApp, mengirim pesan berulangkali tanpa merasa pegal bahkan asyik.

Voice Note pada WhatsApp merupakan sebuah fitur yang memungkinkan anda untuk kirim-mengirim atau bertukar pesan informasi melalui suara yang direkam (record) oleh sendiri.

Nama dan sistem pesan suara di WhatsApp voice mail ini pertama dibuat oleh Televoice yang sudah ada semenjak tahun 1980 an pesan suara bisa berintegrasi layanan berbasis online atau Internet seperti Google voice, Skype, Smartphone atau Tablet.

Fitur Sosial Media berbasis Online tercepat dalam hal kirim mengirim pesan gambar video juga file lainnya WhatsApp sudah memiliki fitur untuk digunakan sebagai alat komunikasi handphone Android dengan voice note atau pesan suara.

Menggunakan sekaligus Mengaktifkan Pesan Suara Voice Mail di WA


Fungsi Voice note untuk WhatsApp dapat membantu Anda dalam berkomunikasi atau bercakap-cakap dengan sistem (delay or directly) penundaan atau langsung bersama Teman dan grup.

Fitur ini bisa Anda pakai untuk memberikan berita terbaru atau hal-hal penting lainnya melalui rekaman suara secara otomatis.

Car Mengirim Pesan rekaman suara (audio) pada fitur voice note WhatsApp


1. Untuk menggunakan fitur tersebut terlebih dahulu pastikan Anda sudah install atau download atau memasag WhatsApp   for Android, BlackBerry, iOS  jika sudah langsung pasangan, kini anggap anda sudah memasag WA.

2. Buka Chat bersama Teman atau grup Anda.

3. Lihat icon mikrofon disebelah papam ketik pesan, coba Ketuk dan tahan tombol icon dan mulailah berbicara mulai dari nada "Tun" tahan sampai selesai berbicara > Jika selesai merekam angkat jari dari mikrofon tersebut, secara otomatis pesan suara akan terkirim dan bisa didengar saat di buka oleh teman atau grup ketika online sekaligus oleh anda sendiri.

4. Jika akan membatalkan rekamam, cukup dengan mengeser jari ke arah kiri, nanti secara otomatis akan menghapus pesan suara voice not wa Anda menjadi tidak ada suaranya.

5. Untuk membuat pesan durasi lebih lama silahkan buka chat > Tempelkan jari pada knob Tombol mikrofon sampai selesai berbicara.

Cara Membuat Kiriman Pesan Suara (Voice Note) di WhatsApp

6. Jika berbicara menggunakan handsfree atau handset caranya masih sama, Tempelkan salasatu jari pada mikrofon tahan sambil berbicara, kalau selesai lepas, opsi geser ke kiri untuk membatalkan jika ingin mengetahui.

Catatan dan Tips:
Dalam merekam suara pastikan sudah menekan tombol mikrofon setelah beberapa detik, agar suara tidak terpotong pada bagian awal kata.

Untuk pratinjau rekaman suara anda setelah ter upload bisa coba ketuk "Play" supaya mendengar hasil rekaman, suara tersebut adalah yang akan diterima oleh teman atau grup chat disana dalam memutar layaknya memutar audio atau lagu.

Begitupun demikian jika Anda mendapatkan pesan suara dari teman ketuk tanda "Putar" untuk mendengarkan melalui handsfree atau speakerphone.

Coba perhatikan gambar berikut:

Cara Membuat Kiriman Pesan Suara (Voice Note) di WhatsApp

  • Pada lingkaran ke 1: Anda bisa tekan untuk mendengarkan pesan kiriman atau yang Anda buat sendiri.
  • Lingkaran ke 2: posisi sedang diputar bisa juga di stop. Mirip memutar musik MP3 bukan?

Cara Memutar dan Mendengarkan Pesan Suara Voice Note


Arahkan telepon ke telinga Anda untuk mendengarkan pesan melalui speaker telepon atau jauhkan telepon dari kepala Anda untuk mendengarkan pesan melalui speakerphone.

Jika Anda sedang menggunakan headphone, pesan suara akan selalu diputar melalui headphone Anda.

Caranya.. dekatkan telepon bagian atas pada telinga untuk mendengar pesan lewat speaker dan otomatis melalui loundspeaker.

Bagaimana Memeriksa Kiriman Pesan Suara?


Cara melihat perbedaan pesan yang terkirim dan belum bisa diketahui melalui warna tombol mikrofon? begitupun jika pesan masuk yang telah dibaca atau belum oleh anda bisa dilihat seperti berikut penjelasannya:

  • Untuk pesan yang telah kirim oleh penerima mikrofon akan berwarna Abu abu.
  • Jika pesan suara yang telah dikirim dan telah dibuka oleh penerima akan menandakan warna Biru.
  • Untuk memeriksa pesan masuk yang belum putar sama sekali oleh Anda berwarna Hijau.

Supaya lebih jelas coba perhatikan perbedaan warna mikrofon pada gambar berikut dibawah ini:

Cara periksa dan membedakan Kiriman Pesan Suara (Voice Note) yang dilihat

Kesimpulan

Setiap Anda menggunakan fitur voice note WhatsApp setidaknya telah membuat hal baru dalam sebuah komunikasi dengan suara tanpa dial calling, bisa disimpulkan adanya fitur voice note WA dapat membantu mempercepat mengirim walaupun tanpa mengetik karakter huruf dan tentunya memudahkan bagi siapapun jika terjadi sesuatu, seperti saat jari sakit bisa anda gunakan fitur ini, ya tapi disesuaikan juga siapa yang sedang Chat dengan Anda tentunya chating semakin asyik!! Semoga bermanfaat.


Previous
Next Post »

No comments: